Saturday, March 26, 2005

Tanjung Papuma, Jember

Kami hari ini beranggotakan tim 5 orang berangkat menuju Jember dari Surabaya.Kami berangkat sekitar jam 21.30 WIB lewat jalan tol Surabaya - Gempol. Begitu keluar pintu tol Gempol kita ambil jalur ke kiri ke arah Pasuruan lalu tinggal kita susuri jalan panjang nan lenggang (karena malam) melalui Pasuruan - Probolinggo - Lumajang setelah itu sampailah kita di kota Jember. Kita habiskan sekitar 3 jam sebelum akhirnya sampai di hotel yang letaknya sangat strategis tidak usah masuk terlalu jauh ke kota.

Nama hotelnya Hotel Bandung Permai di jalan Hayam Wuruk 38 Jember (0331)484528,484530. Walaupun jam sudah menunjukkan lewat tengah malam petugas hotel tetap melayani kami dengan ramah. Kami ambil 1 kamar standart (1 double bed,kulkas,Ac,Tv,Km mandi)seharga Rp 135.000,- ++ tapi waktu itu ada diskon dan kami hanya perlu membayar Rp 118.800,- netto.

Pagi hari setelah breakfast dan mandi, kami segera check-out dan kembali ke arah menuju keluar Jember sedikit setelah itu kita ambil belokan ke kiri menuju Ambulu.Lalu lurus saja sampai terlihat papan obyek wisata Papuma kita belok kanan kearah jalan baru yang blum beraspal tapi sangat singkat. Tidak sampai 2 jam (sekitar jam 09.00 WIB) kita sudah sampai di lokasi wisata yang bersebelahan dengan obyek wisata Watu Ulo. Setelah membayar tiket masuk seharga Rp 2.100,- /person (100 rupiah = asuransi Jasaraharja).
Note: Lewatlah jalan baru itu kalo Anda tidak mau melewati Watu Ulo karna Anda akan dikenakan tiket masuk double, tiket Watu Ulo dan Tanjung Papuma.


Jalan baru

Wah leganya setelah sampai ternyata sejauh mata memandang adalah birunya laut dan putihnya pasir. Walau matahari menyengat tapi tidak mengurangi keasyikan bermain di pantai dengan deburan ombak yang cukup keras.Peringatan : Kita dilarang berenang di pantai ini karena ini termasuk Pantai Laut Selatan!!Setelah asik bermain seharian maka laparlah kami. Di tepi pantai ada beberapa warung yang menyediakan beberapa makanan seperti ikan bakar, kelapa muda, mie goreng,dsb yang tidak terlalu mahal.Setelah beristirahat sebentar jam sudah menunjukkan pukul 14.00 WIB,kami membersihkan badan di toilet umum yang jg di area pantai itu.


Pantai 1

Pantai 2

Selepas beristirahat,kami bersama mobil menyusuri jalan aspal ke arah jalan keluar lalu dengan jalan kaki lagi naik tangga ke joglo di atas bukit. Dari sini pemandangan nya menakjubkan!! Kita duduk sambil makan2an kecil dan ngobrol sambil tidak lupa ;p jepret sana sini.Turun dari sana kami melanjutkan perjalanan kami kembali ke Surabaya.


View from the top

Note: Kalo dari Papuma keluar kita terus saja sepertinya kita bisa lewat Watu Ulo dari belakang tanpa membayar tiket lagi.

23 Comments:

andre jr said...

boz, hotel di Jember yang murmer di mana ya....

petawisata said...

ada namanya hotel Merdeka rate terakhir mulai 60rban -200rban, tempatnya strategis juga banyak penjual makanan dll disekitar.

ratna said...

Thanks sudah memuat tentang Hotel Bandung Permai... apa ada yang mau ke jember, bisa kontak alamat ratna.

kurt said...

saya dari jember, website ini menyenangkan sekali, kalo di bikin per kota ato per daerah, bagaimana webmaster :)

teruslah menulis dan berpetualang...


tetep sehat dan berjaya
bersulang!

valens said...

Itu di labels sudah ada dikelompokkan menurut daerahnya :). Terimakasih sudah berkunjung ke petawisata.

son said...

terima kasih mas web, sudah memasukkan jember tentang watu ulo kalo gak salah, kalo enggak salah ada wisata rembangan dan Gunung Ijen di sekitar jember, setidaknya mengobati rasa kangenku atas kota kelahiranku.
my regards: sony,lulus sma 2 di jember 1990 sampai dengan saat ini karyawan di Jakarta.

Rika said...

Sng bgt ada yg posting slh satu tempat wisata di kota kelahiranku. Foto2 Tanjung Papumanya blh ku save yah bozz?? ( blh ya..ya..) Thx a bunch :)

Anonymous said...

sbnrx c,Q g prnh ke papuma beach.. tp Q sering dgr dr org2 klo papuma is beautyful beach,, SukSE dech bwt papuma^_^

melz said...

aku pernah sih sekali aj mampir ke tanjung papuma..dan kesan pertama buat aku,,disana tuh tempatnya bagus banget n masih alami..emang launya kalo dilihat ganas banget,,truz banyak pohon-pohon besar..tapi itu yang bikin tanjung papuma kelihatan bagus banget..
hoho..jadi pingin maen kesana lagi..sambil kemping + bkin api unggun kayanya juga seru..tp emg boleh???

Anonymous said...

boz, pasangan nginep di hotel ditanya surat nikah ga :-)??

sogleng said...

memang pantai watu ulo patut jadi kebanggan sebab memang cantik dan yang pasti selalu membuat kenangan,ada lagi nih linknya

Gredinov Sumanta Malsad said...

kira-kira estimasi biaya termurah berapa ya kalau dari surabaya?

val said...

kalau naik bus dari surabaya kemudian lanjut dengan ojek mungkin 50rb udah nyampe kali ya.

oscar said...

Tanjung Papuma apa bisa dipake sebagai lokasi pemotretan prewedding ??
Apa ada biaya tambahan, selain uang masuk lokasi ???
Thx ..buat info & foto2-nya ...!!

Romly said...

Bangga bnget aq sebagai wong Jember punya tempat wisata yang eksotik kayak gt..bagi temen2 sebaiknya mampir dunk ke tempat wisata daerahku itu...asik ko....n sekalian mampir juga di blogku http://nrc-tempurejo.blogspot.com

Agus said...

wah indahnya mana lagi obyek wisata pantai sekitar jember

Anonymous said...

coba ke Bande Alit Gan.. pemandangan masih alami,gak kalah eksotis ma papuma
tempatnya di sebelah timur papuma,d daerah Curah nongko,

Anonymous said...

bro klo msk pakex bus pariwisata uk besar bz ngga?kl ndak plg dkt nyampek mana.....

Anonymous said...

Perjalanan malam aman gak ya kalau naek motor

Anonymous said...

mas mbak ada yang tau proses geomorfolgi dari pantai papuma ini ga??
saling sharing yuukk :P

Alicia Mulyono said...

Hotel bagus yang gak terlalu mahal berapa yaa ? Yang kira kira nggak jauh dari tanjung papuma . Heheh.... Thx

Anonymous said...

Kalo pake mobil sedan vios bisa nggak??

jeka said...

Wah makasih ya info perjalanan anda