Wednesday, May 11, 2005

Pulau Sempu

Berangkat pada malam hari dari Surabaya dibutuhkan waktu sekitar 3,5 jam hingga empat jam untuk mencapai kawasan Pantai Sendangbiru, Kabupaten Malang. Perjalanan pada malam hari jelas lebih menghemat waktu, karena jalanan sepi.

Selepas Kota Malang dan melewati Kepanjen, jalan tidak terlalu lebar, dan mulai banyak daerah perladangan, serta sesekali melewati pedesaan yang tidak terlalu besar. Apalagi jika perjalanan pada malam hari bertepatan dengan bulan purnama akan lebih memberikan kesan keindahan tersendiri.

Mendekati Sendangbiru jalanan agak menyempit dan kemudian jalan aspal habis tepat di Pantai Sendangbiru. Jika membawa kendaraan sendiri bisa memarkirnya di pantai itu dan langsung membuka tenda di kawasan pantai yang penuh dengan perahu-perahu cadik kecil, perahu penumpang bermotor, dan kapal-kapal penangkap ikan. Dari Pantai sendang biru kita bisa menyewa kapal seharga 40rb (pulang-pergi) untuk menyeberangkan ke Pulau Sempu dengan kapasitas maksimal 15 Orang.

Keindahan lain yang bisa ditemui di Pulau Sempu adalah bagaimana bisa berenang di air yang amat jernih (di segara anakan) dan bagi mempunyai hoby snorkling dapat dengan leluasa menikmati pemandangan bawah laut karena tempat ini pernah jadi pembudayaan terumbu karang tanpa harus takut terseret gelombang.

Di Sempu terdapat telaga yang disebut dengan Segara Anakan. Tempat ini lebih mirip telaga kecil yang dikelilingi batu karang tinggi yang membatasinya dengan laut lepas,
laut selatan atau Laut Indonesia yang bergelombang besar.


Pantai Segara Anakan

Suplai air ke telaga ini berasal dari karang yang berlubang besar di tengahnya, yang secara periodik menyajikan pemandangan indah percik-percik air deburan ombak yang menghantam karang. Sebagian air itu mengalir masuk ke Segara Anakan.

lubang tempat air laut masuk ke Segara Anakan

Selain berenang di kolam raksasa ini, pengunjung juga bisa bersantai dengan bermain voli pantai. Bagi yang menyukai suasana alam yang asli, jauh dari kebisingan kehidupan modern, Pulau Sempu memberikan solusi, hanya memang jangan mengharapkan ada hotel berbintang, selain tempat tidur yang dibawa sendiri.

Disamping itu juga bisa memanjat karang yang mengitari Segara Anakan, dari atas karang kita bisa melihat deburan ombak laut lepas yang mengikis terbing2 raksasa, sangat indah memang.

dinding karang raksasa yang terkikis air laut

TIPS & TRICK :
berhemat :
Jika uang mepet dan ingin pegi ke Sempu sebaiknya berangkat sore hari sekitar pukul 5 sore, diperkirakan memasuki kawasan sendang biru malam jam 21.00 dimana penjaga loket sudah kosong (otomatis ga bayar tiket masuk hehe).
Dulu ijin ke Pos Penjaga untuk menyeberang ke pulau Sempu murah, cuma Rp. 500 - Rp. 1000 Perak perorang. Sekarang masuk ke Pulau Sempu agak ketat, banyak peraturan di Pos Penjagaan dengan dalih Pulau Sempu adalah cagar alam, gak boleh dibuat camping kecuali penelitian, takut kotor. Namun semua itu bisa ditebus dengan membeli ijin masuk ber-materai yg besarnya sekitar 15-20rb perorang.

naik angkot :
Surabaya-Arjosari (Bus) --> Arjosari-Gadang (Bemo/Angkot) --> Gadang-Turen (Bemo), Turen-Sendang Biru (Colt) --> Sendang Biru-Sempu (Perahu).
note: - kalo org lebih dr 10, mending carter colt dr gadang/arjosari lsg ke s'biru, akan lebih efisien di waktu dan tenaga, beda uang tipis aja. sekitar 150rb-200 sewanya.
- biasanya sih nyebrang pake kapalnya 'Pak Anuari' Salah satu nelayan ikan yang cukup dikenal di daerah situ. Tinggal tanya penduduk setempat.

Survive sambil menikmati alam :
Disarankan membawa syrup/nutrisari/norit dan kondom. Kondom dapat berfungsi untuk tempat air (dalam keadaan urgent) dan bisa menampung sekitar 1 liter air, sedang norit untuk menetralisir racun dalam air, syrup/nutrisari sebagai penambah glukosa untuk stamina tubuh. Menurut pengalaman dulu di Pulau Sempu sempat kehabisan air padhal masih ada 1 malam satu-satunya cara harus survival.
- Tebing2 di Pulau Sempu menetesakan air tawar murni yang berasal dari akar tanaman yg tumbuh diatasnya, bisa ditampung di botol Aqua (hati-hati dicuri kera).
- PAL ke 13 belok kiri (dari arah segara anakan) ada kubangan sumber air, biasanya hewan kecil2 berkumpul disitu untuk minum, air diendapkan dahulu beberapa saat sampai kotoran mengendap kemudian bisa direbus atau diminum langsung setelah di netralisir. Saat musim penghujan air berbau/berasa tanah.
- Botol Aqua besar yang kosong dapat dimanfaatkan menjadi pelampung tangan saat berenang di segara anakan di daerah yg agak dalam. Karena semakin ke tengah Kondisi Bawah laut semakin bagus, penuh dengan ratusan gerombolan ikan terbang kadang menabrak kaki2 kita saat mengayuh dan karang2 berwarna-warni.

wisata :
Di Pulau Sempu ada 3 tempat (setahuku) yang biasa dikunjungi yakni
- Segara Anakan (sudah diulas diatas)
- Waru-waru Pantai kecil di pinggiran pesisir Pulau sempu (buat ngecamp dll) berhadapan dengan pulau Jawa)
- Telaga Lele, sumber air tawar bagi para 'tukang mancing'

hidup nikmat :
Kalo pingin hidup enak di Sempu peralatan ini musti wajib dibawa : senter/api trus ransum, obat, parang/pisau. tiker, jas hujan, plus rokok, kartu, catur dll u/ menghabiskan waktu nyantai2 dan jangan lupa peralatan memasak dan makanan.


salam petawisata, jangan lupa.. jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan nomor satu ;)

139 Comments:

habibi said...

woiii....assalamu'alaikum wr. wb
sebelumnya aq mo ngucapin alam kenal coz aq baru tau ada web site ini.mengenai situsnya keren bos,and kalo bisa aq jg ikutan mailing listnya dong.
oiya ampek lupa kenalan
namaq: m.luqman habibi
aq anggota pecinta alam namanya SAPALA

the adventurer said...

Wuiiih....
Keren banget tuh Pulau Sempu...
Kayak The Beach....
Top deh....


Bagi temen2 yg punya info tentang tempat camp yang oke email aq yach...

thx
TATAG SATRIA PANDITA (SEMPRONG)
MAKEJO (MAHASISWA KESRO JOMBANG)
thataq@plasa.com

floren said...

Setuju!
Kayak di filem the Beach. Bagus. SEmpet nyasar juga tu malem-malem pas mau ke segara anakan. SEru tapinya. Hehe...

Skedar info aj.. barusan aq dari pulau sempu juga. Skarang biaya carter kapal jadi 75 rb-an.
Pinter-pinternya nawar, deh. Tapi standarnya segitu. Klo mau murah si, joinan ma klompok laen yg mau nyebrang juga aj.

Yg agak bikin sedih tu pendatang-pendatang banyakan yg buang sampah smbarangan. Bikin kotor.

Skian tengkyu.

deska said...

emang bagus tuh t4.saya ampe 4 kali kesana.info buat temen2,kalo kehabisan logistik bisa nyari kerang di segara anakan.qt hrs nyelam dulu,coz yg cetek uda hbs.tp inget,makannya jgn banyak2.qt hrs jaga lingkungan,disamping itu jgn asal makan bisa2 ntar keracunan..oke broo..have a nice day..n be a good person there..oke..

moon said...

saia salah satu anggota mayer's fun club (MFC) which is club touring gitu.. thanks ya atas info nya tentang sempu.. keren banget.. jadi mupeng..

info ini sangat menambah infornasi sekaligus menjadi inspirasi untuk the next touring kami..

thx..

vicky said...

lamlikum
halo bang ,saya anak ITS offshore 06,kebetulan kemaren tepatnya tanggal 25 Desember waktu krismes eve.kita ke sempu mas.namun apa yang kita temui BDAI BADAI BADAI.sayang banget mas,namun kita tetap sampai di segara anakan,sayang lagi air di sono lagi pasang jadi cuman bentar.dan waktu kembali dari sono.jalan di hutan nya sudah hilang tertutup air dan jalan kita dihalangi oleh puluhan pohon tumbang,untung saja kita bertemu sama nelayan,jadi kita bisa balik deh.namun mas,mau pulang juga gak bisa wong jalan di sumbermanjing wetan dah hilang dan terputus karena longsor,jadi terpaksa kita menginap di rumah nelayan (pak Kardi).wah benar benar apes,jadi buat temen2 kalo mau kesempu jangan sampai 2/3 bulan kedepan.yeeeeee

Dolphinrider said...

Waaa thanks for the info ya Vicky. Jadi catatan perjalanan tak terlupakan ya di tengah badai gitu.

bonie sedulur said...

weeeeey gw bonie anak malang, taun baru kemaren gw kesana,sempu pokok e gw bangets dech, keren coy????
untuk transport penyebrangan temem2 tawar aja, sekitar 60rb ko itu dac PP, untuk ijin masuk ente ke kantor bksda aja, kasi 10 -20 rb/ rombongan,. tp jalan nya skrg masih rusak ga isa dilewatin roda 4, kalo roda 2 bisa ko... pesen tuk temen2 yang kesana toooolong sampahnya bro di bawa ke daratan....

andix - mechanical engineering its - M47 said...

aq minggu kemaren baru dari sempu...
jalan yg udah longsor sekarang udah bisa dilewatin lagi... tapi kalo siang ada anak2 kampung yg jadi "polisi cepek" fitu.. jadi agak keganggu dikit...

disaranin kalo berangkat tuh malem hari aja... dengan estimasi... berangkat dari surabaya tengah malem... ntar sampek sendang biru subuh... berangkat ke pulau sempu jam 9... sampek segara anakan kira2 jam 11... tuh pas bgt sama pasang tertinggi jadi bisa langsung renang2...

kalo ke sempu tuh baeknya waktu bulan purnama, jadi bisa dapet pasang tertinggi n surut terendah... pasang tertinggi enak buat renang2 n surut terendah enak buat liat n jalan di karang2nya...

kalo pasang terendah tuh bisa liat parrot fish segede tangan gitu... renang2 di antara karang n kalo beruntung (kemaren lagi beruntung nieh) bisa liat kerapu yg gede bgt makan2 di terumbu karang... knp dibilang beruntung... kerapu tuh ikan dasar jadi bisa liat g pake snorkling tuh beruntung bgt...

kalo soal transport nyebrang ke sempu, kemaren abis 75rb PP, itu juga udah sekalian parkir motornya... bayar ke petugas nya 15rb buat 6 orng... masuk ke sendang birunya gratis (kan subuh2 masuknya)....

disaranin bawa persediaan air yg banyak, cz sumber air air tawarnya agak jauh dari segara anakan n rasanya payau...

itu aja kayaknya... n liburan IMLEK kayaknya bakal balik ke sempu nganterin temen2...

masyarakat peduli negri said...

makasih infonya. tempatnya menarik banget tuh kayaknya.. kita lagi ada rencana mau kesana nih, ngomong2, spot berbaks favorit-nya dimana?? hehehe.....

peace

Anonymous said...

waaahh bner2 keren pulau sempu

bbrpa wktu lalu q sm komunitas ku biz kesana, n acaranya emg mke tema `survival`

bner2 survival lah,,

qt ngecamp di segoro anakan,,gileee,,keren bangeddzzzz,,,

kita ngecamp g pke tenda tp pke bifak(jas ujan)

smua pantai2 di sempu keren banget

n sempet ngliat lumba-lumba disana

paling keren kalo pas pasang di segoro anakan cz deburan ombaknya keren pas nglewatin lobang di karang itu

n cukup terkejut dg banyaknya turis asing yg kesitu (padahal sempu kan msi baru dijamah)


paling ngebetein pas mau masuk kawasan segoro anakan

biz nyebrang dr sendang biru kita jalan kaki kurang lbh 4 jam an dg medan yg bkin esmosi,,alias bkin bete poollllll

jalannya becek,g da ojek,,hehehe,,trs byk akar2 bakau yg bkin licin,,kalo gak jatuh gak asyik hahahahaha


tp sneng juga stelah bersakit2 nglewatin hutan bkau yg licin n gelap akhirnya kutemukan pantai segoro anakan yg bkin capek ilang!!(asli!!g boong deh!!!)

paling enak berenang jam 8 pagi,,msi anget n gak trllu panas

tp kalo badan gak gosong gak pas rasanya abis dari pantai hahahahaha

and finally,,kereeennnnnnnnnn abizzzzzzzzzzzzzzz!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


komunitas pecinta alam fak.ilmu sosial univ.brawijaya malang

moon said...

sumpah...
sempu keren banget,,,,
akhirnya kesampaian juga menginjakkan kaki di pulau eksotis itu.. ga kalah deh dibanding karimun jawa.. treckingnya itu loh.. mntap.. kalo gelap lebih seru.. jadi lebih berisik ngingetin satu sama lain anggota rombongan.. tapi sempu ternyata ga sesepi yang saya duga.. lumayan rame euy.. mungkin pas kesana pas banyak yang ngecamp kali ya.. sayangnya kami di sana cuma bentar si,, udah harus ada yang balik, maklum malang-solo naik motor lumayan pegel juga apalagi habis trecking kayak gitu.. woke.. siph dah.. indonesia emang ga ada matinya!!! salam, moon-MFC

Anonymous said...

Kalau perjalanan dr jkaarta ke pulau sempu berapa jam ya?Mesti naek kendaraan apa aja?

ciwhy said...

sempu emang tempat yang tak terlupakan. untuk anak2 jakarta yg mo ke sana gampang aja kok, pokoknya cari aja transport buat sampe ke malang. bisa pake bis ato kereta. info harga tiket , kl bis eksekutif sekitar 200rb an kl kereta gajayana bisa 220 rb, kl pesawat bisa lebih mahal lagi. nah itu harga paling mahal yg gw tahu. jadi bisa diperkirakan harga transport ke malang. kl dari malang ke sempunya sih udah dijelasin ama abang kita di atas..hehehe

'Ndrie said...

Keren. persis the beach, cuman kurang kebun ganja. haha...
akhirnya bisa ke sana juga,
:)

oiya, salam kenal yaa :)

Anonymous said...

sumpah tertarik banget....
kira2kalo wanita2...bahaya ga kesana?apa hrs ada cowonya...

val said...

dulu pernah sih temen2 cewe kesana serombongan (sekitar 6 orang), aman2 aja kok. yg penting sebelum nyebrang lapor dulu ke pos jaganya. se sepi-sepinya sempu pasti ada aja kok yang ngecamp disana.

allamanda said...

seru banget kayanya.. nyobain ahh liburan ini. makasi yah tips and tricksnya..

Anonymous said...

Ass.wr.wb
Aq ingin memberikan beberapa informasi dan pengalaman kami ketika berkunjung ke pulau sempu.Karena informasi dan pengalaman ini sangat berguna bagi temen2 yang ingin berkunjung ke Pulau Sempu nan elok.
tahun 2007 yang lalu, kami dalam tim MPATI UPN Sby berkunjung ke pulau sempu.semua perizinan,bekal dan perlengkapan sudah kami siapkan.pada saat itu tim juga menyiapkan mental yang kuat,mengingat angin dan ombak pada saat itu sangat kencang dan membahayakan.kami pun meminta petugas di pos penjagaan sendang biru untuk segera menginformasikan kepada kami, seandainya cuaca memburuk dan gelombang tinggi.Sebelum kami berangkat pun kami sudah mencari data keterangan kepada SAR AIRUD bandara juanda tentang kondisi cuaca di sekitar pulau sempu,apakah aman dikunjungi atau tidak.setelah semua sudah dikoordinasikan dengan pihak2 tertentu kami segera melakukan perjalanan menuju pulau sempu pada malam hari dengan target ground camp di segara anakan.setelah kami sampai di segara anakan, kondisi disana sangat rame dan padat.karena banyak tim yang berkunjung disana.setelah kami mendirikan tenda dan memasak,kami dikejutkan dengan ombak tinggi disegara anakan.catatan bagi kami, disegara anakan jarang sekali terjadi ombak tinggi hingga ombak masuk ke pasir putih tempat kami mendirikan tenda.sehingga tim yang lain memindahkan tenda ketempat agak tinggi dan beberapa tim termasuk kami mencoba membuat bendungan dari pasir agar ombak tidak menerjang tenda kami.pada pukul 07.00 pagi ombak mulai surut dan kondisi segara anakan kembali tenang,tetapi pada pukul 10.00 ombak besar kembali masuk ke segara anakan dan kembali menerjang tenda kami.terlihat dari balik tebing tinggi pemisah antara segara anakan dg laut lepas,deburan ombak menghempas dinding tebing hingga deburanya masuk ke segara anakan,padahal dinding tebing sangat tinggi.menurut catatan kami dalam 24 jam ombak besar masuk ke segara anakan terjadi 5 kali pada pukul 10.00-12.00,14.00-15.30,19.00-22.00,01.00-02.00,03.00-05.30.
setelah 2 hari kami berada di segara anakan,banyak tim yang meninggalkan segara anakan untuk kembali pulang.pada waktu itu hanya tim kami yang masih berada di segara anakan.karena persediaan air tawar menipis, kami putuskan mengambil air tawar di daerah pantai panjang (sumber air tawar), tetapi usaha kami di perjalanan terhalang karena ombak di pantai panjang sangat tinggi dan besar sehingga pantai tergenang air setinggi 1,5 meter.sembari kami menunggu ombak surut kami merenung,sebenarnya fenomena apa yg sedang terjadi?karena selama kami berkunjung ke pulau sempu,pemandangan/fenomena ini tidak pernah kami temui.setelah ombak surut dan mengambil air tawar,kami kembali ke segara anakan.4 hari kami berada di pulau sempu, akhirnya kami kembali menuju ke sendang biru.sesampai di sendang biru beberapa teman kami mencoba menghidupkan handphone (hanya sedikit sinyal di segara anakan. alangkah terkejutnya kami,karena beberapa teman dan keluarga kami disurabaya mencoba menghubungi kami, karena di daerah pantai selatan jawa timur telah terjadi gelombang tsunami.dan itupun diperkuat dari info masyarakat sekitar,bahwa pantai bale kambang (tdk jauh dr pulau sempu) tersapu gelombang pasang hingga tingginya 5 meter dan menerjang bibir pantai sampai radius 25 meter.kami bersyukur karena kami masih diselamatkan oleh ALLAH SWT, dan kejadian tersebut menjadi renungan bagi kami.Dalam sempurnanya segala macam persiapan,faktor alam harus selalu diperhatikan dan di waspadai.untuk pihak penjaga pos sendang biru,harusnya lebih serius untuk memberikan info kepada pengunjung pulau sempu terhadap segala macam perubahan fenomena alam.karena kalo seandainya kami tidak selamat pada saat itu,itupun tidak ada orang yang tahu.tetapi apabila petugas pos penjagaan menginformasikan segala sesuatu insya allah kami hamba pecinta alam memahami hal tersebut.

Semoga Alam kita tetap bisa memberikan kita ketenangan,kedamaian dan ilmu berharga.begitu juga sebaliknya...


Wassalam




Tonie_MPATI (Surabaya)

val said...

wah cerita yang menarik, makasih udahmampir :)

Anonymous said...

Subhaanallaah!!
pertamakali ke pulau sempu sungguh memukau. malam pertama nge-camp di telogo lele,trus ke pantai panjang, trus ke tempat yg "the beach" banget, sayang g da hiu nya!hi

Anonymous said...

Sempu ??? Subhanallaahhh...kata pertama yang terucap waktu pertama menginjak pasir putih 'segoro anakan'...
Pulau Sempu salah satu persinggahan dari perjalanan javatrip08 kita. saya start dari pandeglang (banten) - Bandung -
cadas pangeran - Cirebon - Tegal (ditegal saya dijemput teman2 ber 4 yang berangkat dari Jakarta terus menuju
Semarang dan singgah semalam - lalu lanjut ke Solo (kita menjemput 3 orang lagi) mampir di pusat batik Laweyan - berangkat
lagi menuju Bromo (sampai jam 12 malam, istirahat dan jam 3 pagi mulai hardtop tracking ke penanjakan, puncak bromo, savana,
pasir berbisik lalu istirahat semalam di hotel yoschi - sepulang dari pendakian bromo beberapa dari kami pun mulai terserang
flu, mungkin karena mengalami perbadaan cuaca yang ekstrim. setelah sarapan pagi kita lanjut ke arah Malang - dan sampai
di Sendang Biru jam 3 sore, cuaca tidak mengizinkan untuk menyebrang ke Pulau Sempu dan wisma satu2nya pun full.
sepakat kita berdelapan mendirikan tenda dan sebagian tidur di mobil. bangun pagi sarapan dan berkemas lalu kita menyewa
perahu nelayan setempat dapet tarif baru 100K padahal infonya sekitar 75K, mungkin kena tarif tahun baruan deh...
tapi kebetulan semalam kita betemu rombongan arek malang (Ja'far, Micko, Andre, Lindy)
kami sepakat patungan sewa kapalnya. lapor di pos kehutanan dikenakan biaya 30K dan 40K. menyebrang sekitar 15 menitan
sampailah dibibir pantai pulau sempu. dimulailah tracking di hutan dengan jalan yang berlumpur karena habis hujan kemarin.
yang awalnya beralas kaki, akhirnya kita semua nyekeer...dan belepotan lumpur, jatuh beberapa kali dengan telapak kaki terluka
kena batu karang. setelah kurang lebih 3 jam kita mendaki beberapa bukit akhirnya sekitar jam 11.30 siang kita sampai di pantai
"segoro anak" kita disuguhi salah satu tanda kebesaran Tuhan. "THE BEACH" minus ladang ganja, kejar2an sama penjaga
ladangnya, dan ikan hiu pastinya! sudah lumayan banyak orang yang ber camp dan kita cari kavling untuk taro barang bawaan,
lalu langsung tancap berenang dan bersihin badan dari lumpur dari perjalanan tadi, kaki pun mulai pada terasa perih kena air laut.
setelah bersih, kita dirikan tenda, dan masak sarden dan kornet kebetulan nasi putih sudah bungkus dari sendang biru. setelah
makan kita bingung apakah mau menginap semalam atau balik lagi. melihat persediaan logistik tidak memungkinkan untuk
bermalam (karena memang dari awal kita gak rencana untuk menginap) tapi setelah melihat pemandangan seindah ini kita juga
bingung untuk cepat-cepat meninggalkannya. mungkin untuk arek-arek dari sekitar malang dan surabaya bisa bolak-balik
kapan saja, tapi bagi kami belum tentu. lalu dengan pertimbangan persediaan logistik dan menjaga kondisi fisik kami karena perjalanan
masih panjang, masih ada jogjakarta, wonosobo, tegal, cirebon, jakarta dan pandeglang lagi, akhirnya kita memutuskan untuk
tidak menginap alias balik lagi. sisa waktu yang cuma beberapa jam kita manfaatin untuk foto-foto, berenang, sun bathing...selesai
berkemas tenda, jam 3 kita pamitan ke rombongan arek malang Jafar dkk. sebagian logistik yang masih utuh pun kita berikan ke mereka.
mulai pendakian pulang...someday i'll be back here for stay long...masih ada beberapa spot yang belum sempat kita nikmatin keindahannya.
di perjalanan pulang kita berpapasan dengan banyak rombongan yang baru menuju segara anak...salah satunya adalah rombongan
dari biro perjalanan wisata, anggotanya adalah ibu-ibu, anak kecil dan 2 orang bapak2, sempat bertanya pada kita apakah masih
jauh obyeknya...? Muasih Pak!!! kira-kira 2 jam perjalanan lagi, sedangkan cuaca mendung dan mulai gelap menjelang malam.
lalu kita tanya apakah rombongan bapak bawa peralatan2 seperti senter,tenda,cukup logistik sampai besok...
diluar dugaan bapak itu malah mengira kalau di obyeknya bakal ada warung jual makanan dll. wahhh..kalo begitu sih kami sarankan
bapak dan rombongan untuk kembali ke sendang biru. karena segoro anakan itu bener-bener harus survive..sedangkan rombongan
bapak sama sekali gak ada persiapan. kami pikir pihak travel agentnya sangat tidak bertanggung jawab, tidak memberikan informasi
yang lengkap dan malah tidak menyertai perjalanan menuju obyek segoro anakan...gilaa..tapi apa boleh buat, dengan obyek yang
memang benar-benar indah bapak dan rombongannya itupun terus mendaki...pas maghrib kita sampai di sendang biru, langsung
menuju wisma kehutanan yang sudah kami booking sebelumnya, istirahat, bersih-bersih, makan malam, dan tepar semua, kita gak
ada yang peduli walaupun malam itu adalah malam penhujung tahun 2008, nampaknya kami semua sudah sangat kelelahan, dan
melewatkan malam tahun baru di alam mimpi kita masing-masing. bangun pagi, pagi pertama tahun 2009, sarapan, dan berkemas
untuk melanjutkan javatrip ke persinggahan berikutnya Jogjakarta.

saran untuk yang pada mau ke pulau sempu, persiapan logistik harus benar-benar cukup untuk selama disana,terutama air bersih,
obat-obatan, dan yang pasti kondisi fisik harus benar-benar fit. mungkin untuk yang biasa mendaki, track itu belum seberapa dibanding
mendaki gunung yang tebingnya lebih terjal, tapi bagi yang gak biasa, sudah lumayan menguras tenaga,belum lagi masih banyak barang
bawaan. dan yang lebih penting sangat dimohon jangan merusak alam pulau sempu, jangan buang sampah sembarangan, gunakan bahan
yang sekali pakai, jangan meninggalkan barang/sampah/apapun itu di pulau sempu. sebetulnya semua itu sudah dijelaskan oleh pihak
kehutanan waktu kita melapor untuk izin menyebrang ke pulau sempu, tapi ternyata selama perjalanan tracking ke sogoro anakan, kita
mendapatkan beberapa kantong plastik, botol plastik air mineral bekas, sandal rusak, kaos/baju rusak, di pantai segoro anakan, kita menemukan pecahan
beling botol, dan beberapa oknum menebang pohon, entah untuk kayu bakar/tiang tenda. sangat ironis sekali. pulau sempu adalah satu
warisan yang sangat indah yang harus kita jaga bersama, saya sangat yakin kalau dari kita semua tidak ada yang menginginkan pulau
sempu jadi obyek wisata pantai seperti yang lainnya, yang penuh dengan sampah dan kerumunan orang gak jelas...maka dari itu alangkah
baiknya kalau kita jaga bersama. biarkanlah ekosistem pulau sempu seperti adanya. setuuujuuu khaann...



salam kenal

rifky
rifky_ujianto@yahoo.com

niez said...

wah...kok nyebrangnya uma kena 40 ribu?? ak dkk sebanyak 6 orang kena 100 ribu...hiks...

nyesel deh gak buka nih blog sebelum ke sempu...

mana di sana kehabisan air tawar...hari terakir jadi males poto2 gara2 lemez...

eh gak taunya tebingnya bisa netesin air tawar rupanya..

val said...

mungkin udah naik emang, terakhir kesana kira2 tahun 2004 :D. untuk air tawar ada kok sumber airnya di pal no 13 (ada semacem kubangan kecil), kira2 jalan 500m dari telaga anakan, tapi musti di endapin dulu biar lumut dan binatang kecil2 turun hehe..

thanks udah mampir petawisata ;)

Hangga said...

namaq hangga
kmrn terakhir aku kesana tanggal 25 januari 2009
brngkat dr Sby jam 11 sampe sendang biru skitar jam stgh 3...
trus paginya kami rencana mau nyebrang ke pulau sempu...
eh ternyata ama nelayannya disuruh ijin dulu ke Balai Konservasi Pulau Sempu...
Sesudah meminta ijin kami tidak diperbolehkan menyebrang gara2 hbis ada yg meninggal terseret ombak...
Kami disuruh minta ijin dari Balai Konservasi di Surabaya yg bertempat di Juanda...
Wah mkin rumit skr nih mau nyebrang aj ga bisa....
Dasar sial...

val said...

yaah.. musim kek gini emang keknyaberlibur dulu dari wisata berbau pelayaran. dan keknya kalau pasang itu katanya telaga anakan bisa keleleb :D

Pat'Key said...

hai...salam kenal buat semuanya...
kita semua dari pat'key sangat tertarik dengan panorama pulau sempu, tapi kami belum pernah kesana...dan rencana si mau kesana????????? buat temen-temen ada yang punya rencana ke pulau sempu besok-besok...tolong kabari ya...hehehehehe...maksutnya kita ngikut gabung gitu bos......

Anonymous said...

to mr. pat'key, sebetulnya di bulan februari 09 ini gw ada rencana mo ke sempu lagi, secara waktu kemarin tahun baru belum sempet ikmatin malam di sempu, dan juga belom sempat jalan2 observasi sekitarnya spt telaga lele dan pantai (lupa namanya) yang katanya bisa liat samudra lepas. karena kemarin bentrok ama waktu dan fisik (liat postingan sebelumnya diatas). tapi kalo di liat2, akhir2 ini cuaca belom bersahabat untuk acara kemping2an, gak di sempu doang koq, kemarin jg ada berita di gn. salak ada yang tersesat jg. btw, emang ada kejadian yang meninggal disempu? klo ada yang tahu ceritanya, minta di ceritain lengkapnya dong...supaya kita2 semua bisa prepare agar gak terulang. kebetulan juga tadi siang diacara 100 pulau TV One, Pulau sempu dan semua potensi2 alamnya diliput, tp gak tau pengambilan gambarnya wkt kapan...tp anyway jadi tambah nafsu pengen kesana lagi..hehehehe...



salam kenal

rifky
rifky_ujianto@yahoo.com

oopshey said...

sayangnya ngga bisa buat wisata keluarga ya... coba ada tempat nginap biar cuman sederhana....

val said...

itu cagar alam soalnya, buat pelestarian terumbu karang dulu... jadi emang awalnya sengaja engga dibuat wisata. kalo satu rumah berdiri pasti nanti lama2 jadi pemukiman :(

Anonymous said...

Bulan februari apa ga terlalu berat ? sekarang musim ujun, tiada hari tapa ujan. yg aku kuwatirkan pas ke Pulau sempu disuguhi pemandangan ujan aja. tp ada enaknya jg kita ga repot cari air tawar... kalo ke Pulau Sempu,tetep kabari kita ya Bro ??? ato kalo ga keberatan email aku di novajainova@yahoo.co.id

Anonymous said...

betul kata novajainova@yahoo.co.id, ampe abis bulan 2 ini, cuaca blm juga bersahabat...mungkin bulan depan mass..ato depannya lagi..hehehe...
btw, gmn keadaan di P. Sempunya sendiri...apa masih susah untuk izinnya? apa sdh normal lagi??? klo ada yg punya info, minta di share...trims


rifky_ujianto@yahoo.com

Anonymous said...

pulau sempu here i come

Anonymous said...

Rifky ,apa kmu jd ke pulau sempu ??? aq Hery dari PAT'KAY ,. kemarin aq buka Fs mu, tp pesannya nonaktif...

Anonymous said...

sendang biru menurutq pantai yg beautiful beach BGT....
bwt cp2 yg maen k tu pantai don't forget playing in my home ok...q sllu mmbka pntu rmhq untk U guys...
bwt mantnq seas qsllu mgigtU tuk 4ever


sesinia
(ni2ck)

Anonymous said...

Wew!! Pertama kali denger mengenai pulau ini sekitar setahun lalu tapi sampe sekarang belom kesampaian..

Mau nanya, kalo dari Jakarta, paling enak berapa hari waktu yang perlu disiapkan untuk berlibur kesana? Perlu long weekend atau bisa weekend biasa aja? Thanks for the info yaa..

eia, belom memperkenalkan diri.. Aku Rani dari jakarta.


Salam
-Rani-

val said...

Halo Rani,

Weekend bisa kok, terbang ke Surabaya kemudian lanjut lewat darat seperti yg udah dijelasin diatas. Jangan lupa, tenda dan kecukupan ransum wajib dibawa kalo mau bermalam karena disana miskin air dan alam terbuka.

Anonymous said...

bagus info-nya....bagi2 lagi ya info lainnya...
-febri-

Anonymous said...

Buat temen temen yg ke pulau sempu yg bawa motor ato mobil, Parkir di sendang BIru apa bener bener aman ??? kalo di parkir sehari,2hari oto bahkan lebih. tolong kasih infonya ...


Hrywicaksono24@yahoo.co.id
pat'kay

val said...

Biasanya motor/mobil dititipin di rumah nelayan yang nyebrangin kapal itu, nanti mereka dikasih duit brapa gitu. Saya udah 3x kesana aman-aman juga.

wisnoe said...

thx infox..
beberapa kali baca dan lihat di tv tentang sempu, jd makin tertarik untuk datang.. misalkan ga nge camp bisa kan? trus tempatnya bener2 aman kan?

wisnoe said...

thx banget infox....jadi tambah pengen banget ke sempu... seandainya gak pake nginep bisa kan? trus tempatnya aman kan? thx..

val said...

bisa sih ga pake nginep, aman kok.. jangan lupa buat rekan2 yg pengen kesana, sampahnya dibawa pulang ya, jangan di tinggal disana :D, terakhir kabar dari kawan2 soalnya kok rada kotor :(

syaamil said...

Salam kenal,
Kami ada rencana ke pulau sempu, bagaimana menghubungi Pak Anuari?

Matur nuwun,
Ali Syamsudin

val said...

nanti sampai sana tanya aja penduduk sekitar Pak Anuari, dia terkenal kok.. termasuk sesepuh nelayan daerah situ.

Erik Marangga said...

great!! fabulous!!
pulau sempu emang keren bgt. apalagi segara anakannya.
kemarin baru balik dr sana. tidur g pake tenda di pantai segara anakan. hmmm...pengen balik lagi kesana.
I'll blog it later.
Salam kenal ya....monggo kunjungi rumah saya:)

val said...

makasih udah mampir di petawisata.. salam kenal juga :)

Anonymous said...

waahhh...rencana pengen kesana agustus bsk....kira2 ombak angin, ujan, gede ga ya???

gw kirain disana kyk karimun jawa ada penginapan nya.,..

hahahha..yaudah siap2 bawa carrier dah kalo gitu.....

thx for sahring ya...

rian

Anonymous said...

izo, sempu kyk the beach... ga mblenger blaszz di sana. aq kemarn 5 hr tp msh kurang. tp plizzz, yg camping dsana, dijaga kelestariannya, sampah ga sembarangan dibuang. Ok

Reza Teguh Ts. said...

widiiih....
ada tah blog na...
q kira gk ada..
pdhl ru mw bwt..hha..

mntp tuh p.sempu, tpi......klo gk ngcamp gk bkl krasa. Eh, krasa deh...cpe na doank tpi :-D.q aja ksana cm skli...kpok :-D.

yaah untuk mndpakan ssuatu yg indah kan hrus ada pngorbann nya...
*jgn bwa" brng yg gk prlu, titip ajah...bw na mknn n' mnuman aja klo perlu...hha.

Anonymous said...

udah pernah kesana dulu,,,,tapi besok sabtu tgl 27 juni mo diajak anak2 lagi,
aslie gag suka pemandangan laut,berhubung lagi bosen dirumah n pengen nyoba slepingbag baru,berangkat aja,hehehe

modal badan sehat bozz,,,!!!

prens said...

barusan guwa

optimus prens said...

akhirnya nyampe rumah juga,dari sempu 2 hari,
dapet kejadian aneh-aneh pas kesana,,,
berangkat temen jatuh di turen,pas kesana qta 10 orang gag langsung ke sagara anakan but ke pelawangan dulu(itu tu pantai sebelah barat),tempate bagus coz gag ada orang yang kesana so masih alami n bersih gag kayak segara anakan yang udah penuh sampah n cewek setengah bugil(he,,,he,,,yang ini guwa suka),tapi waktu dari pelawangan ke segara anakan kita ngetreck lewat pinggir tebing wuih bagus bro,,,,
untung kita kesana,
udah kul udah abiz ni,mo makan dulu,kalo pengen cerita lebih lengkap buka aja bornforadventure.blogspot.com

pepe said...

di sekitar situ ada persewaan tenda gk ya ??? mau brangkat ngecamp disana bulan ini,,

val said...

wah.. setauku kok ga ada yak, itu perkampungan nelayan daerah sekitarnya.

kalau sewa terpal ada, dulu pernah pinjem, cuma bau amis :D

pepe said...

wahhaa,,,puas udah dari sana kemaren untuk pertama kalinya... meskipun cuma ke segara anakan,,blum sempet keliling pulau sempu..oia makasi gan buat info2nya di atas,,bnr2 berguna..
trus ini cuma mau bagi2 pengalaman aja,,
berangkat dari sby jam 9 pagi nyampe sendang biru jam 3 sore (jalanan di Porong dan Malang muaceett) + 1 jam tracking di hutan menuju segara anakan, total 7 jam..
ongkos masuk 8rb per motor, bayar "uang damai" di pos pantau 25rb, sewa perahu buat nyebrang ke pulau sempu 100rb (bnr2 gk bisa ditawar) klo mau ngelilingi pulau sempu pake perahu 350rb, parkir 5rb (klo nginep)..
tapi begitu nyampe sendang biru lgsg ilang semua capek,,puas !! langsung deh poto2,,hhaa...
sekali lagi ingat bawa logistik yg banyak terutama minuman (kecuali mau menjelajah nyari sumber air tawar dulu),,dan sampahnya dibawa lagi ya, jgn mengotori keindahan pulau ini..
see u next time sempu,,

val said...

makasih buat sharing pengalamannya pepe ;)...

Anonymous said...

ehh..q inot.dari surabaya..minggu kemaren ru darisana jugah..
dan..sngat ingin kembali kesana...
nah..pas baca2 komen di blog ni koq da yg nyebutin PAL 13 da sumber aer tawar,mank PAL 13 tu dimananya?
mohon bantuan nya..cz bulan depan mw kesana lagih..
hehehhe..
@inot_bukanbandemail@yahoo.co.id

Anonymous said...

oiya..tanya lagi..tebingnya yang ngeluarin aer tawar tuh tebing yg diatas camping ground itu tah??
truzz liat lumba2nya dari mananya??
truzz..klo dari segara anakan ke pante panjang ke arah mana?
inot..
PEaceV

val said...

pal 13 kalau dari arah segara anakan, jalan aja menuju ke pantai tempat penyeberangan, nanti di sebelah kiri ada seperti patokan dari semen tingginya kira2 35cm, ada tulisannya "13". Kalau dah nemu belok kiri aja.. nanti ada kubangan air tawar, engga sebrapa bersih, tapi mayan buat keadaan darurat. Diendapin dulu abis itu disaring pake kain.

tebing yg ada airnya itu tebing yg di segara anakan, teping yg di deket bibir pantai yg atasya banyak pohonnya... ada stalagtit (atau stalagnit ya??) yg menjorok kebawah gitu netesin air, gatau sekarang masih ngeluarin air apa engga...

Anonymous said...

Salam kenal...temen2 aku rencananya mau ke P. Sempu pas 14 Agustus 2009.

Aku dari surabaya...ada yang tahu transportasi dari surabaya ampe sempu?

Ada yang mau brangkat pas tanggal segitu?

Kalo ada mohon info yah...biar bisa bareng...

Salam
Roy Sinaga

Anonymous said...

hi,,slm kenal..trima kasih infox,,rencana tgl 14 agus bsk mo kesana,,doain lancar ya,,tq:))

val said...

Roy Sinaga, ituh dipostingannya kan dah jelas gamblang??

yoke said...
This comment has been removed by the author.
yoke said...

hai salam kenal.. mau tanya .. cuaca bulan agustus ini gimana ya? mgkn ada yang baru dari sana?? tolong dong informasi nya..thx bgt :)

val said...

udah masuk kemarau nih, 3 minggu lalu saya dari pantai pesisir daerah sana ok aja cuacanya.. kalau di sempunya sendiri ga ngerti ya, mungkin masih ada sisa becek2 dikit bekas musim hujan kemaren...

Anonymous said...

to roy sinaga;
hi,,lo jd k sempu g tgl 14 bsk??bareng dong,,gw ma tmen gw brempat biar bsa share perahunya,,tq
kontak gw di
ym;fila_lia
ok..

andika said...

lam knl gan, aq bink.kayaknya asik ya...rencana tgl 16 mo ksna.mo nanya gan, klo mo ke segara anakan apa udah ada jalur/petunjuknya?

val said...

ada jalur setapaknya kok, mayan jelas..

just bee u jesus said...

minggu ini aq kesana tunggu comment q ya temen2..
udah ga sabar neee
hehehehehehe

Anonymous said...

saya taka dari jakarta..rencana tgl 28 oktober ini mw ke segara anakan...kira2 ada yg mw kesana lg gak???byr brg...tolong info y...klo bisa tukeran no hape aja...ni nmr saya 085697094903

Fany Rahmansah Abadi said...

wow, lngkap bgt y infonya dsni....
kpan2 msti brangkat lgi nih + nginep.

segoro anakan klo dliat dri atas tebing keren ouy...

jaya said...

keren nih tempatnya, pengen kesana jadinya...

L 14 N said...

perjuangan yang penuh pengorbanan tuh buat kesono. tapi dijamin gak bakal nyesel dah.........

byar badan remuk naik turun bukit karang tapi bakal terobati ma indahnya pesona lautnya yang biru.

jadi pengen balik ke sono agy.......

bloggerisme said...

Aku udah kesana. mantabs bro. Tapi kalo kesana butuh kerja keras. Tapi nggak papa, khan kerja keras adalah energi kita. betul nggak kawan?

Anonymous said...

Pulau Sempu statusnya adalah CAGAR ALAM artinya pulau tersebut terlarang bagi kegiatan umum, kecuali untuk penelitian dan pendidikan konservasi, jadi untuk diperhatikan,apabila ingin infof lebih email aj ke bbksdajatim@yahoo.com atao skw6probolinggo@gmail.com

val said...

terakhir saya kesana th 2005, pada saat lapor di pos memang statusnya cagar alam dan tidak boleh sembarang orang nyebrang kecuali ada misi tertentu. alasan mereka karena eksploitasi wisata akan merusak/mengotori pulau sempu yang pada akhirnya mengganggu ekosistem disana.

namun ironis juga karena para nelayan di sekitar malah membuat pulau sempu seakan menjadi ajang mencari nafkah dengan membuat jasa transportasi menuju kesana.

serba salah jadinya...

Anonymous said...

la la la la la la la.......
coment beberapa abang2, kaka2, mas2, aa2,dsb tentang spot berbags ko ga di bahas??????
aman ngga di sana bos????
kalau masalah menjaga kelestarian alam p.sempu saya dan kawan2 akan lakukan dengan sangat baik dan benar tanpa membuat cacat sedikit pun p.sempu..hehehehe
kami rencana mau ke sempu pada malam taun baru 2010....
minta kabarnya ya!
biar pulau sempu feels like the real of the beach, hehehe...
salam damai
-parlo-

val said...

spot terbaik menurut saya di segara anakan..

Anonymous said...

Untuk temen2 yang mau riset ato ada kegiatan edukasi disana, perizinan bisa diurus di BBKSDA Jatim, jalan raya Juanda, alamat jelas bisa cari di situsnya, coba search aja di google.Untuk para pecinta alam, jangan sebut kamu pecinta alam kalo kamu pengen berwisata di cagar alam Pulau Sempu, apalagi kalo bikin api unggun ambil kayu di hutan, nyari kerang di Segoro Anakan untuk makan ato survival, n ninggalin botol aqua besar bekas pelampung di Segoro Anakan coz cuma akan mengubahmu dari pecinta alam menjadi destroyer. BE A TRUE HERO PLEASE !!!

val said...

sekedar usul, mungkin ada baiknya pihak BBKSDA mensosialisasikan juga dengan pihak setempat terutama nelayan agar engga se'enaknya juga menyeberangkan orang tanpa ijin.

masalah kebersihan dan pemeliharaan lingkungan jangan kuatir oom anonim. kami cukup memahami aturan2 seperti itu ;)

tips untuk yg lain, masalah kayu bakar, bisa dibeli di pasar dekat pelelangan ikan, jadi ga perlu tebang pohon.

seblugus said...

holla semua.
mari berkenalana, nama saya fauzan, saya mahasiswa dr Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung,

teman, bagi pengalaman dong tentang sempu. hususnya yang udah pernah ke sempu, cz saya mau ke sempu tar tanggal 4 januari 2010.

pliiis, cz ini perdana bagi saya ke sempu,

thx b4. maju indonesia ku...

Ivan said...

tgl 18 bsk saya mau kesana, kalo lg hujan jalan menuju ke danau segara anak bisa dilewati ga ya?ada info mengenai ijin menyebrang ke Sempu?Thx

val said...

untuk ijin ada pos lapor sebelum nyebrang, bisa ijin disana.

setau saya sih becek lumpur jalan menuju kesana kalau hujan.

disinda said...

pulau sempu betul2 hidden paradise, mirip banget sama di film the beach, apalagi segara anakan.. wuih, wordless, ga bisa dijelasin pake kata2..
cuman sayangnya sekarang semakin banyak camper tak bertanggung jawab yang ningalin sampah, harusnya tiap pengunjung bertanggung jawab sama sampah yang dibawa..

Anonymous said...

lam kenal buat semuanya..
aq agus nak semarang..

rencana tgl 25 januari 2010 mau kesana, naek kereta dr SMG ..
buat perijinan, itu susah apa gampang ?

kalo ada temen2 yg mau kesana tgl segitu, kabar2 ya..
sp tau bs bareng..
heheee

reggaecell@yahoo.com

Anonymous said...

salam buat semua pecinta alam dan yang suka " keloyongan+petualangan"

pertama! sempu island is top of the best.
akhir maret 2010 lalu kita anak jade sby udah kesampean u/ menginjakkan kaki dipulau indah itu.
n....hasilnya 100% gak rugi, bisa buat cerita anak cucu kita nanti cos
panorama n medannya begitu menantang banget krn pas musim hujan....
buat yang mau kesana kita mengingatkan satu aja yaitu binatang buas penghisap darah paling wahid.....bukan drakula tapi nyiamukkkk.....ok bro dah dulu yaaaa.....p.woo (kepala suku jade sby )

sus said...

teimakasih sudah berkunjung di petawisata bapak kepala suku. sempu sekarang keadaannya bagaimana ya?

Anonymous said...

saya n teman2 (dr bdg) rencananya mw ke sempu mggu depan. kasi saran dong ttg apa aja yg perlu dibwa,,trus gmna cuaca dsna. qt b10 tp cowonya cm 2 org..hehheheheee...

oia,,kira2 utk keperluan MCK gmna?? ada spot tertentu ga??
hehehehhee...

trus masalah penyebrangan dll gmna?
kita takut ketipu euy..banyakan cewe soalnya..
hehhehehee...

thx in advance guys..
salam kenal..

sus said...

yang wajib dibawa terutama adalah tenda buat berteduh kalo hujan, air karena disana ga ada sumber air dan ga ada warung, makanan dan obat2an seperlunya. jangan lupa bawa kantong kresek yang besar buat sampah yang kalian hasilkan, jangan ditinggal di pulau sempu, jaga kebersihan ok ;). kalo punya snorkel bawa aja buat nyelem.. di daerah tengah ikan2 mayan banyak buat dipantau.

MCK ya model tarzan, cari tempat sepi trus gali lubang :D hehehe..

penyeberangan banyak kok disana, dulu sih sekitar 40rb 6 tahun lalu, sekarang mungkin kisaran 100rb ya.

renold said...

AS
sebelumnya aq ucapin dl salam knl...
aq sangat tertarik dengan pulau sempu,,aq punya rencana bsk aq mau ksn..
tapi,,dengar2 pulau sempu itu angker ya??map,,ini hanya info..masi blm pazti...
mgkn yang bersangkutan bisa memberi info yang lebih detail dan lbh lengkap soal angker disn...

tolong infonya kirim ke email saya
renoldchinese@gmail.com...

ini dengan renodl chandra...
sekian makasi atas infonya..
aq tunggu secepatnya...thanks

Anonymous said...

gara2 browsing tentang pulau sempu jadi kepicut dan pengen...
dengan modal nekat,, saya hari ini, 28 mei 2010 ke pulau sempu,, beruntung ditemenin temen 1 orang...
jadi berdua.

terbayang hal2 yang indah2..
dan emang lancar2 saja semuanya, dari perjalanan tidak nyasar, ijin reservasi,sampe kapal juga dapet, (100rb, huhuhu...)

berubah drastis ketika ngelewatin medan hutan di pulau sempu...
JUSTRU HAL INI BRO HALANGAN TERBESAR!!!
mampus dah,, keluh kesah gile bujug buset mampus,,, serasa putus asa aja deh pokoknya...

yg harus di persiapkan sungguh2 itu adalah ketika PERJALANAN DALAM HUTAN ITU!! bawa boot....

hal yg lainnya?? hmm,, sama idem,, emang bagus,, kalo bagus mah emang banyak diomongin,, kalo jeleknya padamales ngomongin...

oia, saya menempuh perjalanan hutan 1,5 jam waktu berangkat (jam 9 pagi) dan 2 jam waktu pulang (jam 2) tentunya dengan kecepatan jalan super luar biasa cepat dengan telanjang kaki..

bagi yg rombongan (terutama yg bawa cewe2) tuh bisa sekitar 4 jam bahkan lebih... kasian tuh cewe2nya,, pada nangis,, huehehehe,,,


disarankan per\jalanan hutannya yg siang hari (terutama pagi) karena tanah masih belum banyak dilewati...

kesasar?? tak mungkin kalo ngikutin jaalan yg lebar dan jejak2 becek najis gila yg banyak...


yosep_keren@yahoo.co.id
stiesia surabaya.

sus said...

mungkin karena masih musim hujan ya jadi jalannya becek & sulit dilalui. kalau musim kemarau cepet kok, 45 menit udah sampe.

tapi kalo ga ada itu semua perjalanan ga ada ceritanya hehe..

nadyong said...

Assalamualaikum...
Aku dari Surabaya... wuaaaaahhhh...baca ttg sempu jd makin penasarannnn... aku ma tmn2 cewek rencana mo ksana tgl 24 juli nanti...moga2 uda ga musim ujan,cuaca skrg suka ga jelas:( rencana photo session bareng tmn2 fotografer juga dsana,jadi bakalan rame,sepuluh org lebih lah... Oya,klo ada info ato masukan, tlg kasih tau yaaaa:) makasieee....

Nadyong:) said...

dtunggu infonyaaa^^ hehe

sus said...

pesannya cuma satu: bawa air minum yg banyak ama jas hujan, jaga2 kalo lebat perangkat poto2nya ga basah heheeh

Anonymous said...

keren banget kyk film the beach..ihirrr..subhanallah..

Anonymous said...

wahh,,,pnasaran ni gw,,,
agustus ini kayanya mw jalan k sono ni bawa anak2
butuh info dong,,kira2 se-orang abis duit berapa ya kalo dari bandung??yg ngere-ngere aja,biasa mahasiswa,hehehe
trus klo brangkat dari surabaya enak jm berapa y??
thx,,dtunggu infonya

sus said...

ini ada liputan terbaru lengkap dengan harganya http://www.petawisata.net/2009/12/pulau-sempu-15-november-2009.html

bas said...

artikel yang bagus pak...

http://onlinebas.blogspot.com/

Anonymous said...

Salam kenal aja..
Aq Dylah dri jakarta..
Aq minta info bajet mslh ijin masuk dan penyebrng'n ke P.Sempu dong untung skrng2 ini..
Insa allah bln oktber 2010 aq ksna..
Tlng diconfir ke imail qu..
Alfarizz_zalianty@yahoo.co.id

_ Thx's ya _

Anonymous said...

Q baru seminggu yg lalu kesana. sekedar info, untuk biaya sewa perahu sekarang sudah naik. sekitar 100rb per perahu(ni udah harga langganan/sudah 6 kali ke sempu, gk tau lagi kalo ada yg lebih murah). Dan skrg perahu maksimal cuma bisa diisi 10 orang per perahu(katanya sih ada peraturan baru). Tapi si pemilik perahu masih bisa "menyelundupkan"
1-3 orang di perahunya, itu pun tergantung pinter2nya tukang perahu. Coz banyak tukang perahu yang takut melanggar aturan(gk tau ni beneran ada aturan atau cuma alasan). Untuk perijinan masuk kita bisa bayar di perhutani setempat, per orang kira2 Rp 5.500 Kemaren kita rombongan berangkat 32 orang, tapi ngomong ke petugas loketnya 20 orang(akal2an sama pihak loket hehehe...). Kalo gk salah kemaren bayar 110rb(20 orang). Tapi di perijinan tetep kita bilang 32 orang.

sus said...

thanks info terbarunya ya...

KennedyFreedom said...

saya berencana bulan februari 2010 mau kesana, kira2 kondisinya gimana? aman ngga?
terima kasih...

tolong infonya ke
kennedyfreedom@gmail.com
ato ym :kennedyfreedom

http://kennedyfreedom.wordpress.com/

Anonymous said...

ada yg dlm bbrp bulan ke depan berencana trip ke sempu??? contact me ya, thx :)

citramellisa said...

ada yg dlm bbrp bulan ke depan berencana trip ke sempu??? contact me ya, thx :)

coolindonesia said...

minta ijin kopas ya bos ... ane inggrisin buat blog ane, thanks

sudi kiranya mampir ke http://coolindonesia.wordpress.com/

sus said...

kalau copas dicantumin sumbernya ya bro...

triangle said...

Salam kenal bro
sempu mantap cui!! Aku anak medan mau dateng ke pulau sempu awal mei 2011 ini, kalo dr jogja ke p. Sempu kira2 brp lama ya bro? Soalnya tiket udh fix kita pesen medan-jogja bro. Naik bus/ angkot jurusan apa, &turun dmana? Apa harus naek agkutan lagi dari jalan besar ke dermaga Kapal penyebrangan mau ke sempu? Gimana keamaanan kalo sendirian? Maaf bro kalo bawel krn mau pigi sendrian aja nech.
Mohon petunjuk bro..
Thx b4..

sus said...

kalau dari jogja naik bus ke surabaya turun terminal bungurasih, dari terminal bungurasih lanjut ke malang naik bus turun di terminal arjosari, dari terminal arjosari lanjut naik minibus ke pantai sendang biru. di sendang biru situ sewa kapal bro untuk nyebrang ke sempu. sendirian aman aja kok cuma perlengkapan mesti ok, pulau sempu sendiri engga ada air tawar dan orang jualan. jadi mesti lengkap.

Dinocell said...

Pulau Sempu Mantab, Buat Petualangan, so Klo Kalian Bukan Petualangn Jangan Kesana di Waktu Musim Hujan Jalannya Ndak Karuan Lumpur dan lubang

Anonymous said...

aku dulu ke sendang biru pas baru buka..belom tau ada pulau sempu...kesana ah kalo pulang kampung :D -kera ngalam sob-

Noko said...

Salam Lestari,

Sebelumnya perkenalkan nama saya Ari, dari Indonesia. Sempu memang menarik sekali untuk dikunjungi, tetapi disini saya ingin meluruskan sedikit bahwa Pulau Sempu memang Cagar Alam bukan tempat wisata maka dari itu kegiatan yg diijinkan Hanyalah konservasi,pengamatan satwa liar,dan operasi bersih. Tidak benar bahwa ijin bisa dibeli di pos penjagaan.itu dulu,dan kalau kita ingin memperbaiki sistem ini,marilah kita mulai dari diri kita sendiri untuk bertindak sesuai dg prosedur.

Prosedur yg diperkenankan adalah, mengurus dulu Ijin resmi (SIMAKSI) di BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Prov. Jatim di Surabaya, alamatnya Jl. Bandara Juanda - Surabaya 031-8671985. atau yang di Jember, alamatnya Jl. Jawa no. 36 Kotak pos 182 Jember Telepon: 0331- 335079

Mohon maaf sebelumnya,bukan bermaksud apa2 kok, saya menulis ini hanya ingin menyampaikan pesan aja sebagai sesama penggiat alam dan pecinta lingkungan yg tidak ingin alam kita ini dirusak oleh manusia2 yg tidak bertanggung jawab.karena waktu saya kesana suasananya sudah tidak alami lagi,sudah seperti tempat pembuangan sampah.

Sekian dari saya, semoga berkenan dan saya minta maaf apabila ada kata2 saya yg kurang tepat.

sus said...

Terimakasih Ari untuk informasinya, maaf kalau postingan ini kurang berkenan.

Sekedar usul, untuk menjaga kelestarian cagar alam Pulau Sempu, ada baiknya kalau kunjungan umum yang tidak jelas harus didampingi oleh pihak terkait ya?, sekaligus menjadi guide dan untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan.

Anonymous said...

asalamualaikum blognya menarik mas, banyak memberi informasi bagi pembaca, mas itu rute yang dari berangkat dari sby:

Surabaya-Arjosari (Bus) --> Arjosari-Gadang (Bemo/Angkot) --> Gadang-Turen (Bemo), Turen-Sendang Biru (Colt) --> Sendang Biru-Sempu (Perahu).


mohon pentunjuknya ya mas untuk rute serta alat trans untuk baliknya ke surabaya lagi ya mas seperti yang di atas kalau tidak keberatan mas, saya berminat mas untuk kesana.

makasih mas. :)

Anonymous said...

saya ada rencana minggu depan mau k sempu, minta info nya dong berapa biaya perijinan d sana sekarang dan berapa biaya sewa kapal nya untuk sekarang ini, cuaca d sana juga gimana ya ? oia sama minta info nya apa bener udh ga d buka untuk umum lagi ? makasih mohong banget info nya ya

sus said...

anonim1:
untuk balik ke sby nanti tempat pelelangan ikan ada angkot yg mengarah ke terminal arjosari malang, dari terminal bisa naik bus ke surabaya.

anonim2:
Untuk boleh tidaknya masuk ke wilayah pulau sempu bisa menghubungi nomor berikut : Balai konservasi sumber daya alam Jawa Timur II Alamat: Jl. Jawa no. 36 Kotak pos 182 Jember Telepon: 0331- 335079

semoga membantu..

august.junghee said...

hi guys...aku agus, daripadang,pulau sempu sounds so great buat aku.
btw ada yang bersedia bantu nggak, share penjelasan kalo aku dari surabaya aku bisa nya naik apa kesana, lengkap dg semua biaya2 nya.... pengen banget tapi jujur belom pernah ke malang jadi takutnya aku malah banyak ngabisin waktu dijalan buat tanya2 deh,,,, please banget yah.... hope get it soon... ato minta tlg banget kirim ke email aku 4u9u5t.r1c3@gmail.com
fb: agus prianto.

guys so thank for help me ... really wait for your information....

fadly said...

mantap nih pengalamannya..
saya besok, 22 sep 2011 mau perjalanan ke sempu..
semoga tak ada halangan.. amiin.. :)

mampir ke blog ku jg yo..

http://tech-for-edu.blogspot.com/

risztydevyan said...

Kerennn bgt kayaknya, pas bgt...lagi nyari lokasi buat honeymoon..hehehe.. Kasih info donk...kalo dari surabaya enaknya naek apa kesana?? kalau sewa mobil brapa ya?? trus..penginapan paling dket dari sempu dimana dan berapa tarifnya???

Anonymous said...

mau tny anihh..
klo ke sempu buat cewe khususnya ada pantangan ga?misal nii si cewe lg halangan, boleh ke sempu apa ga ya?mksh yaaa :)

Anonymous said...

di pulau sempu jauh dari peradaban, mungkin untuk cewek yg lagi berhalangan jadi agak ribet gitu ya?.

Anonymous said...

salam kenal teman2 semua...mngkin blm smwa comment yg ak baca,tp sepertinya SEMPU memang indah dan wajib d kunjungi...ak rencana mw ksna tgl 20januari 2012 bsk selama 4 hari.kira2 ada teman2 yg ingin ikut bergabung..????pasti akan lebih seru kalo ke sempunya rame2..ak dari jakarta kemungkinan hanya b4..sebelumnya ak blm pernah ksna..hehehehe.....

hub k email ak aj ie_be_06@yahoo.com
nama aku VYA...

cerita rakyat kecil said...

assalamualaikum bro...
mau tanya tentang info pulau sempu donk,,, sistem perijinan masuknya gimana??? yang detail ya??? soalnya rencana febuari 2012 besok rencana mau kesana....

bisa di kirim ke bagaskaramenjarkawuryan@gmail.com
thx bgt...

kumal712 said...

wahh...sempu lagi sempu lagi...ga ada matinye wkwkwk..
terakhir gw ksana bujubuset kotornya amitamit. masa lagi enak berenang tiba tiba disamperin 'kapal terkutuk' (ee' orang). blom lagi di lereng2 karang tuh, bekas tisu basah kalo gw loak-in bisa buat beli tenda baru (lebai).
sbelom yg terakhir ni, tim gw sengaja sweeping botol aqua bekas disepanjang jalan pulang. hasilnya,makan gratis buat 19 orang.

wew ga heran perijinan jadi super dibuletbulet sekarang ni.

besok tim gw kesana mw bersih2 lagi. ayok yang mao join, on the spot yakk! ^_____^v

perindupurnama@yahoo.com

kumal712 said...

buat agan2 yang tanya info, bisa liat komen2 awal dari para suhu diatas.

yg gw tw, skg dah ada tmpat parkir sepeda motor,mobil,bis,traktor dll. aman kok, cuma mahal (5000 per motor per malem. g tw klo mobil).

perijinan masih sama,ribet. sewa perahu juga masih sama, 100 rebu.

Anonymous said...

salam hangat buat semua sedulur perawat alam, bukan sekedar pecinta,hehe...

ane rencana 17feb 2012 berdelapan mau ke sempu, berangkat dari jakarta 17feb, ke malang dulu satu hari, baru 18/19nya cuss ke sempu,,,mungkin ada yang mau barengan, contac me TOPE 081575672020, thanks

ozand van basteur said...

bner Gan pulau sempu memang benar2 indah..
Bulan Januari kmarin sya kesampean jga ksana,
namun, transportasi yg sya pakai dri malang mnuju sendang Biru mnggunakan Sepeda Motor (cukup Lelah) hehe,,,
bertepatan kondisi musim Hujan, maka akses mnuju Segara anakn agak lama, perjalanan sendang biru-pulau sempu skitar 3 Jam,
areany Survival bgt, gk bisa pake sendal krna dijamin putus deh, medan yg berlumpur n berbatu
tetapi sesampainy dsana sya disuguhi pemandangan yg luar biasa Menawan, nmun sayangnya sya tidak mmbawa tenda jdi cmn beberapa saat sja menikmati pantai lalu bergegas kmbali ke sendang biru dngan jalan yg sama,,,
sungguh Melelahkan memang nmun seru,,
pokoknya gak bakaln Nyesal deh gann :)

Anonymous said...

sempu emang bagus tapi sempu akan lebih bagus lagi lok dilestarikan
katanx pecinta alam,tapi kok pd kyk gt
cagar alam hanya boleh untuk penelitian bukan untuk wisata

amoer7 said...
This comment has been removed by the author.
amoer7 said...

Salam kenal....
saya ada rencana trip ke pulau sempu dan batu (malang) bersama 5 teman saya pd tgl 25-30 maret 2012.
Akan menghabiskan waktu 3 hari 2 malam di sempu (26-28 Maret 2012)

berangkat dari bandung.

Mohon info perijinan dan biaya dan cuaca saat ini di sempu.

dan rekomendasi transportasi dari malang ke sempu beserta tarifnya.

selain menikmati keindahan alam sempu, kami berencana melakukan bebersih sempu.
Semoga saja trash bag yg akan kami bawa masing2 tidak sampai terisi penuh ketika kita meninggalkan sempu.

Mohon bantuan info dan rekomendasinya.

Jika teman2 ada yang ingin bergabung, bisa hubungi nomor 08122040441

Maturnuwun Sanget

sus said...

Terminal Arjosari Malang--> Arjosari-Gadang (Bemo/Angkot) --> Gadang-Turen (Bemo), Turen-Sendang Biru (Colt) --> Sendang Biru-Sempu (Perahu).

Semoga membantu, salut buat acara bersih2nya.

Anonymous said...

pulau sempu emang bagus tapi tolong di inggat pulau sempu adalah kawasan cagar alam yg dilindungi undang2, klo mau wisata gw saranin di sendang birunya aja ga kalah asik koq, stop eksploitasi wisata pulau sempu!!! stop nyampah di pulau sempu!!!

Rime's WorLd said...

pulau sempu adalah kawasan cagar alam sejak tahun 1928 dan sampai sekrang belum dialihfungsikan menjadi tempat wisata...
Mengunjungi pulau sempu hanya bisa dilakukan jika punya simaksi dan bertujuan utntuk penelitian dan konservasi
terima kasih

HIPAMA - Himpunan Pecinta Alam Mandala said...

Kami dari Komunitas Peduli Sempu (yg terdiri dari Pecinta Alam, Pemerhati Lingkungan, Komunitas Budaya Jawa Timur, Komunitas Slankers kota Malang, Mahasiswa dan Pelajar kota Malangdan Tokoh Pemuda Sempu) sangat menentang pulau Sempu dijadikan daerah kunjungan wisata. Dampak saat ini adalah semakin banyak kerusakan pada pohon2 dan menumpuknya sampah2 anorganik dari para pelancong.

Hal ini telah kita tindak lanjuti dg berdialog bersama BKSDA Jatim, BKSDA Jember, Dinas Pariwisata, Dinas Kehutanan, Perum Perhutani KPH Malang di pendopo Kabupaten Malang pd tgl 5 Juni lalu.

Saat ini kami telah bbrp kali melakukan kampanye (dan akan terus melakukannnya) untuk kelestarian pulau sempu. Dan seperti yg tlh diketahui, Pulau Sempu SESUAI DG UNDANG2 berstatus dan berfungsi sbg CAGAR ALAM. Artinya, pulau Sempu bukanlah tempat wisata. Dan pengelolaan terbaik cagar alam adalah diserahkan kpd alam, dan meminimalkan peran dan campurtangan manusia semaksimal mungkin.

Untuk memasukinya, WAJIB mengurus SIMAKSI (Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi) di BKSDA Jember atau BKSDA Prov. Jatim, dan bukannya minta ijin kpd petugas setempat (Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu), karena petugas RKW Pulau Sempu tidak berwenang memberikan ijin kpd siapapun utk memasuki Cagar Alam Pulau Sempu.

Hal ini kami sampaikan utk meluruskan dan memberi pemahaman kpd publik, bhw Cagar Alam Pulau Sempu bukanlah tempat wisata.

HENTIKAN KUNJUNGAN KE PULAU SEMPU !!!

SALAM LESTARI !!!

Anonymous said...

salam kenal...kereen abiiiz pulau sempu...besok tgl 1 november mo kesan...kira2 cuacanya gmn yach..mendukung gak disana?
thank...shofy ^_^

Anonymous said...

kalau musim kemarau sih ok aja, kalau musim hujan biasanya nelayan disana nyewain sepatu karet juga karena jalan berlumpur.

urfan afiv said...

kalok mau ke sendang biru pake bus bisa ngak dan mau tanya no tlvn pengelola pamtai sendang biru?

Anonymous said...

pakai bus bisa.. jalan kesana cukup lebar kok...