Friday, July 24, 2009

Kebun Teh Wonosari & Pantai Balekambang

Kamis kemaren ambil cuti, saya dengan rombongan berencana kabur sejenak dari kota Surabaya untuk melepas penat. Kami berlima menuju ke Kebun Raya Purwodadi, tapi karena teman saya sudah pernah mengulas Purwodadi disini jadi saya ulas yang lainnya saja, sebagai oleh-oleh saya aplot foto sekilas di Purwodadi buat kenangan :).

purwodadi

Setelah dari Purwodadi kami meluncur ke Kebun Teh di PT. Perkebunan Nusantara XII, Wisata Agro Wonosari. Lokasi agrowisata ini terletak di sebelah utara kota Malang, kira-kira sekitar 30km perjalanan. Berada di kecamatan Lawang di kaki gunung Arjuno. Kalau mau kesana gampang sih, tinggal tengok aja di kiri jalan (kalau dari arah Sby), ada Papan Gedhe banget yang nunjukin tempat ini.

Tempatnya luas buanget, kalau hari libur (katanya) ada kereta api mini gitu buat nganter pengunjung untuk keliling lokasi perkebunannya. Untuk tiket masuknya kami dikenakan biaya Rp. 45.000,- untuk lima orang, mobilnya gratis ga bayar :)

(1) kebun teh, (2) wisma rolas

Buat yang bawa kendaraan pribadi lebih enak, bisa muter2 sampe puas keliling kebun. Untuk yang mau bermalam juga bisa karena di tempat ini ada juga penginapan dan villa. Suasananya sejuk dingin dengan pemandangan pegunungan, emang cocok banget dah buat tempat peristirahatan. Selain itu sehari-harinya kita juga bisa melihat kegiatan mbok-mbok yang sedang memetik pucuk daun teh, serasa di desa gitu...

(1) wisma rolas, (2) kebun teh

Tempat pertemuan juga ada disini seperti foto diatas, mungkin yang berniat rapat dengan suasana yang segar biar kepala ngga puyeng tempat ini cocok banget.. (ato malah ketiduran di tengah rapat karena suasananya yg mendukung? :p)

Ditempat ini juga terdapat pengolahan daun teh menjadi teh alias pabriknya sendiri. Sayang karena saat itu kami engga punya waktu yang banyak jadi engga sempet mampir meninjau pabriknya. Kabarnya agar bisa masuk ke pabrik ada syaratnya yakni musti rombongan dan lapor dulu untuk persiapan guidenya disana. uhuks...

(1) bungkus teh kualitas 1, (2) supermarket

Sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat yang lain kami mampir sebentar di supermarket yang letaknya masih didalam kawasan Kebun Teh. Kantin ini menjual hasil Kebun dalam bentuk jadi. Ada teh kualitas satu, kualitas dua, teh hijau, madu dll.. kebanyakan produk2 lokal. Konon teh hasil produksi pabrik ini tidak dipasarkan secara umum, jadi wajib beli kalau kesini. Saya coba sebungkus yang kualitas nomer satu dengan harga sekitar Rp. 5.000,-. Tehnya wangi sedep, saat diseduh.. rasanya juga enak.. teh banget lah pokoknya... :p. Bubuknya rajangan lembut2.. jadi kalo pake saringan musti yang halus biar ampasnya bisa terangkat semua.


(1) Balekambang

Setelah puas, kami meluncur ke Pantai Balekambang. Letaknya ada di pantai pesisir selatan dengan jarak tempuh kira-kira 2 jam dari kota malang. Harga tiket masuk Rp. 25.000,- untuk lima orang. Pantainya bagus bening banget , tapi sayang.. pasir yang lembut ini dipenuhi dengan kerang kecil2 jadi sakit kalo pas dibuat jalan2 ato lari-lari dipasirnya. Di pantai ini juga ada sebuah Pura yang menjorok agak ke tengah laut.


(1) Pura Balekambang, (2) Teluk Balekambang

Pantai ini lumayan besar ombaknya dan ada beberapa bagian yang pantainya terjal ke dalam. Tapi jangan kuatir karena di bagian yang berbahaya sudah diberi tanda berupa bendera warna merah, jadi jangan coba-coba untuk berenang kecuali merelakan diri tenggelam digondol ombak. Kekurangan dari pantai ini adalah minimnya sarana buat pengisi perut :D. Warung-warung dikitttt banget & kalau menjelang petang ngeri, gelap gulita pantainya. Sepi dari penduduk sekitar.

Yah... itu hasil jalan-jalan kemaren, salam hangat dari Petawisata... ;)

6 Comments:

onroad said...

Koreksi yah..sepertinya bukan Balai Kambang namanya tapi Bale Kambang.....saya tahun 1994 diklat fotografi 3 hari di situ rame juga kok sampai malam warung tetap buka...siang juga banyak warung...murah lagi harganya standart, tidak seperti di tempat pariwisata umumnya...

val said...

Terimakasih masukannya, sudah di koreksi.

Salam Wisata

anno' said...

hmmmm..alternatif destination nech

Anonymous said...

Bisa minta no telpon untuk Perkebunan Teh ini ?
Untuk dapatkan informasi yang lebih lengkap untuk biaya sewa ruang meeting maupun Villa..
Thanks

val said...

Info terkait bisa dilihat disini
http://www.agro-ptpn12.com/main/index.php

terimakasih.

MJ said...

Salam hormat dari : Kang MJ si-PENJUAL TAHU TEK-TEK SPESIAL di : www.mj-mj-info.blogspot.com Matur Teng-U info-info tempat wisatanya.