Sunday, July 17, 2011

Batu Secret Zoo (Jawa Timur Park 2)

Menyambut liburan sekolah yang hampir habis, saya menyempatkan diri bareng ponakan-ponakan untuk jalan-jalan. Tujuan kali ini adalah Jatim Park 2 yang terletak di daerah Batu-Malang. Jatim Park??... bayangan dikepala saya langsung teringat dengan Jatim Park 1, yang isinya wahana-wahana permainan edukasi nan luas. Lalu apa bedanya dengan yang ke-2 ini??.
Jawa Timur Park 2 atau Jatim Park 2 ternyata adalah kebun binatang modern yang dinamakan dengan Batu Secret Zoo. Kenapa disebut modern??.. yukk disimak cerita singkat perjalanan saya bareng ponakan-ponakan yang tak kenal lelah ini...
Untuk masuk Batu Secret Zoo kami harus membeli tiket yang berupa gelang yang di kalungkan di tangan kita. Harga tiket Rp. 50.000,- untuk satu orang. Mahall?? awalnya saya berpikir begitu..
Setelah melewati pintu masuk kami disuguhi dengan burung jalak Afrika yang warna bulunya aduhai. Dilanjutkan dengan Tikus raksasa yang besarnya separuh dari besar CPU komputer dikamar saya woowwww... sekaligus hiiiiiyyyyyeeekk..
Kemudian kami memasuki kawasan monyet. Ada berbagai macam monyet yang jenisnya tidak pernah saya jumpai di kebun binatang manapun. Yang saya suka adalah kandang monyetnya bersih, tempat untuk jalannya juga bersih dan binatangnya tampak sangat sangat terawat dengan baik!!
Selain papan petunjuk nama jenis Hewan didalam kandang, ada beberapa juga yang memberi informasi penjelasan singkat tentang hewan tersebut. Misalnya di gambar atas kiri menjelaskan tentang kebiasaan hidup Kangaroo di habitat aslinya.
Setelah melalui beberapa kandang binatang, diujung jalan ada papan tebak2an kecil untuk anak2. Misalnya seperti foto diatas sebelah kanan. Kalau bingung dengan jawabannya, bisa dilihat dibalik gambar, Edukatif sekali bukan?? ponakan2 jadinya engga cuma melihat hewan, tapi juga bisa belajar.
Yang saya suka dari Batu Secret Zoo adalah, jalan dari pintu masuk ke pintu keluar hanya satu jalur. Jadi kita cuma tinggal ngikutin tanda petunjuk belok kiri ato kanan nanti otomatis kita memasuki wahana per wahana sampai tuntas.
Gambar diatas kiri adalah kandang singa yang bagian samping dan atas terbuat dari kaca, dan saat itu kami berdiri diatas kandang. Aihh.. engga bisa bayangin kalau pecah dan jatuh kebawah ya :p. Tapi tentunya itu sudah diperhungkan dengan baik bukan? :). Foto atas sebelah kanan adalah wahana reptil. Bunglon, berbagai macam ular ada disana lengkap. Woww.. lagi2 saya berdecak kagum. Bersih dan rapi!!.
Setelah muter-muter dua jam kamipun melepas lelah di resto untuk makan siang. Mbak Sate kelinci sama es teh ya!!... nyammm...
Kenyang??.. bangettt!!... lho mana ponakan2 kok menghilang?? aihhh.. ternyata mereka sudah berhamburan ke wahana permainan yang terletak bersebelahan dengan resto. Ya, disana ada wahana permainan untuk anak2. Foto sebelah kiri adalah kandang kuda yang dikelilingi oleh permainan naik kuda. Foto sebelah kanan adalah wahana pemainan air yang luassss banget.
Bayar brapa kalau mau bermain??. Nooo.. semua gratis asal bisa menunjukkan gelang tiket masuk.
Selain area outdoor ada pula area indoornya. Misalnya seperti foto diatas, kandang Zebra dan Macan putih yang terbuat dari kaca. Sekali lagi, bersih dan terawat dengan baik.
Sebenarnya masih banyak sekali kawasan hewan yang pengaturannya membuat saya tercengang. Tapi kalau saya ceritakan semua disini malah engga seru, lebih baik datang aja sendiri untuk lihat ya hehe..
Setelah jalan berjam-jam akhirnya selesai juga... kami memasuki pintu keluar. Fiuhhh lega deh.... eittsss.. ternyata belum!!!. Masih ada satu tempat lagi yaitu Museum!!. Museum yang sangat besar dengan pilar-pilarnya yang megah.
Di dalam museum bisa melihat berbagai hewan yang diawetkan, dikemas dalam bentuk diorama yang sangat indah. Juga ada koleksi kupu-kupu, serangga yang dikeringkan. Ada juga fosil binatang purba dll. Wooww... lagi2 saya kagum untuk kesekian kalinya seperti orang ndeso.. hahaha..

Tak terasa sudah jam 6 sore, pengumuman agar pengunjung meninggalkan lokasi sudah berkumandang. Kami harus segera angkat kaki. Ponakan-ponakan tampak masih berlarian sana sini bersemangat... haihhh anak2 ini kuat sekali, padal kaki saya sudah gempor muter-muter lima jam lebih. Ampuunnn..

Yahh, itu liputan singkat perjalanan di Batu Secret Zoo. Jika anda mendatangi tempat itu pesan saya adalah jagalah kebersihan. Salam petawisata dari kota Batu... ayo galakkan wisata domestik.. ;)

Tips :
1. Untuk yang engga kuat jalan (manula) disediakan juga mobil listrik kecil (muat untuk 1 atau 2 orang) yang disewakan Rp. 100.000,- per 3 jam.
2. Bawa payung, jaga2 kalau hujan
3. di Batu Secret Zoo juga ada Hotel yang ok punya. Pendatang jauh bisa memanfaatkan fasilitas ini.

4. Datang sepagi mungkin karena tempat ini luuaasss banget dan perlu waktu lama untuk jalan dari pintu masuk ke keluar.

2 Comments:

Care Indonesia said...

Wah keren info nya gan ...TERUSKAN !!

btw kalau perlu info t-shirts pariwisata indonesia... ada disini nih gan

Exclusive t-shirts

Produk asli dari CARE INDONESIA

harga murah bahan cotton nomor 1.

kuli ngetik said...

terimakasih atas info'nya.
berguna sekali bagi kami yang belom pernah kesana.
Insya Alloh, bulan depan pas liburan kami akan kesana.
Kurang lebih dengan artikel Anda, kami jadi bisa melihat gambaran Jatim Park.

salam kenal
^_^